oleh

HARI INI MENKOMINFO LUNCURKAN PROGRAM INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL 2021

Jakarta,Vocalexposes.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersiap meluncurkan program Literasi Digital Nasional bertema ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021’. Dalam program tersebut dibuka kelas-kelas pelatihan gratis untuk mengasah skill digital masyarakat.

Peluncuran program tersebut akan dilakukan di Hall Basket Senayan, Kamis (20/5). Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dijadwalkan akan menghadiri acara peluncuran program Literasi Digital Nasional.

Acara peluncuran diselenggarakan secara hybrid, yakni offline di Istora Senayan dan disiarkan melalui kanal online dan televisi, serta live streaming di kanal YouTube Kementerian Kominfo dan Siberkreasi.
Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi menjelaskan program Literasi Digital Nasional akan diikuti masyarakat dari 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi Indonesia. kelas pelatihan literasi digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ terbuka bagi masyarakat luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

“Selain acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, peserta program di setiap kabupaten dan kota akan melanjutkan kegiatan ke kelas-kelas literasi digital di kota satelit masing-masing yang menghadirkan narasumber lokal sebagai pemateri,” jelas Dedy dalam keterangan tertulis, Rabu (19/5/2021).

Ia menambahkan melalui kelas-kelas pelatihan, masyarakat dapat mengembangkan literasi dan kecakapan digital dalam berbagai bidang, antara lain fotografi dan videografi, media sosial, public speaking, Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google, copywriting, digital marketing, privasi digital dan keamanan siber, serta materi lainnya.

Setiap kelas pelatihan menghadirkan narasumber di bidang komunikasi, informatika dan teknologi digital. Kelas pelatihan dapat diikuti secara offline maupun online melalui Zoom untuk 50 orang peserta.

“Materi kelas literasi digital didasarkan pada 4 (empat) pilar utama, yaitu :
1. DIGITAL ETHIC (Etis Bermedia Digital)
2. DIGITAL SECURITY (Aman Bermedia Digital) 3. DIGITAL SKILLS (Cakap Bermedia Digital) dan
4. DIGITAL CULTURE (Budaya Bermedia Digital),” urai Dedy.

Masyarakat yang akan mengikuti kelas sesuai dengan peminatan dan waktu pilihan, dapat mengakses informasi terkait kelas-kelas ini melalui akun Instragram, Siberkreasi dan melalui tautan https://event.literasidigital.id/.

(Sumber : detiknews.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *