oleh

ORIENTASI PWI DAN SILATURAHMI INSAN PERS SE-KEPRI

BATAM,Vocalexposes.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), selanjutnya dikenal dengan nama PWI adalah organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta bertepatan dengam Hari Pers Nasional. … Saat ini PWI dipimpin oleh Atal Sembiring Depari selaku Ketua Umum yang menjabat sejak 2018 hingga 2023.
Didirikan : 9 Februari 1946,
Ketua Umumnya : Atal Sembiring Depari.

“Kalau dulu mengurus izin perusahaan harus dengan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), tetapi karena saking mudahnya seperti hampir-hampir tidak terkendali jumlahnya luar biasa.
Di zaman dahulu itu hanya ada RRI dan TVRI baru muncullah televisi swasta yang pertama bernama TPI (Televisi Pendidikan Indonesia).

Tahun 80-an kalau enggak salah muncullah RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia), pada saat itu mulai ada kelonggaran terhadap kerja jurnalistik, bahkan hostnya dari kaum jurnalis, ini produk jurnalistik yang dibicarakan.

Dulu juga sempat media cetak harian Batam Pos memimpin para insan pers di Kepri pada era masa kejayaannya.

Kalau soal gugat-menggugat dalam pers itu, kita sedang tidak mengurus hal itu saudaraku.

Selama hari ini Dewan Pers masih berjalan, setelah lama-kelamaan kita semakin profesional, menjadi payung kita yang resmi, kita tetap harus berlindung disitu,
selama Dewan Pers Indonesia masih ada, “imbuh Candra Ibrahim.

“Sampai hari ini kenapa kita menitik beratkan sertifikasi wartawan, namanya juga profesi, profesi itu mesti ada yang mengatur, sesuai dengan profesinya, sertifikasinya kemudian nanti, asal tidak melanggar UUD 1945, kita melaksanakan hal itu, feedback-nya ke kita lagi, aparat Kepolisian saat ini semakin bijak, dalam memilah kasus per kasus, pihak Kepolisian panggil wartawan yang bermasalah tersebut, baru dia menggunakan pasal-pasal yang mana bisa menjerat wartawan tersebut, paling penting hari ini adalah bapak dan ibu sekarang bisa bersilaturahmi, “tutup Candra Ibrahim Ketua PWI Kepri Periode 2018-2023, adalah Pria yang lahir pada 14 Oktober 1972 di Midai, sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Natuna. (****) red.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *